Presiden Joko Widodo Menjawab Tantangan Ekonomi

Sebagian bln. akhir-akhir ini, beragam spekulasi nampak tentang perekonomian Indonesia. Daya beli orang-orang alami penurunan, penyerapan berbelanja modal yg tidak optimal bikin ekonomi Indonesia melambat.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyebutkan, proyeksi perkembangan ekonomi di angka 5, 2 % pada akhir th. 2015 paling realistis dengan dinamika perekonomian global sekarang ini. Salah satu argumen perkembangan ekonomi kembali alami revisi yaitu bidang investasi yang belum penuhi ekspektasi lantaran aspek global yang masih tetap belum menentu.

Diluar itu, peran berbelanja pemerintah yg tidak sesuai sama harapan lantaran penyerapan berbelanja modal pada akhir th. diprediksikan cuma meraih 90 % seperti tahun-tahun pada awal mulanya.

Tidak kurang, Bank Dunia juga turut bertemura perihal perkembangan ekonomi Indonesia. Bank Dunia bahkan juga memotong estimasi perkembangan ekonomi Indonesia th. 2015 jadi 4, 7 % saja. Walau sebenarnya sebagian bln. lantas Bank Dunia masih tetap optimistis perkembangan ekonomi Indonesia meraih 5, 2 %.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves mengungkap, penurunan estimasi perkembangan ekonomi itu dikarenakan rendahnya harga komoditas serta melemahnya perkembangan investasi. Ke-2 aspek tersebut yang menghimpit laju perkembangan ekonomi Indonesia pada 2015.

Tetapi prakiraan ini dibantah oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. Ia menyampaikan, proyeksi Bank Dunia itu belum pasti realistis. Terlebih, ada instansi keuangan internasional lain yang memproyeksikan perekonomian Indonesia tambah baik dari Bank Dunia. " Bank Dunia bukanlah paling pinter, tidak paham persis keadaan kita, " tutur Menkeu.

Menurut Bambang, cuma pemerintah Indonesia-lah yang tahu keadaan sebenarnya Indonesia, bukanlah Bank Dunia.

Apakah benar ekonomi kita menuju keterpurukan? Bagaimanakah langkah pemerintah Indonesia di dalam perlambatan ekonomi dunia?

Presiden Joko Widodo bakal berdialog dengan 400 ekonom yang disebut sisi dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia dalam “Presiden Joko Widodo Menjawab Tantangan Ekonomi” yang bakal disiarkan live jam 14. 00 WIB cuma di Kompas TV hari ini. (Bernada Rurit/Kompas TV)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment