WANITA HARUS TAHU INI "PENTING !!": TIPS JITU,,, Cara Simpel Untuk Mengetahui Payudaramu Sehat atau Tidak,,,((SEBARKANLAH))

Payudara adalah organ penting pada setiap wanita. Tentu kesehatan payudara mesti menjadi perhatian khusus para wanita. Mengetahui bentuk dan keadaan payudara adalah harus untuk setiap wanita.
Untuk memastikan tidak ada keanehan maupun sesuatu yang bisa mengindikasi payudara tak sehat, setiap wanita khusunya diatas 20 th., dapat melakukan SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri dengan cara teratur. SADARI atau dalam bhs Inggris dimaksud Breast selfexamination
ini penting sekali dikerjakan sendiri untuk tahu bila ada benjolan maupun hal yang tidak wajar pada payudara sedini mungkin. SADARI bisa dilakukan sambil berdiri ataupun berbaring, di bawah ini langkah­langkah SADARI yang kami himpun dari beragam sumber.

1. Berdiri di depan cermin
– Berdirilah di depan cermin dengan keadaan tidak menggunakan baju ataupun bra
– Pastikan bahu sejajar
– Pertama­tama cermati bentuk, ukuran serta warna payudara.
– Tempatkan tangan pada pinggang, serta tekan kuat­kuat untuk mengencangkan otot dada. Cermati payudara dari sisi kiri ke kanan serta sebaliknya
– Membungkuklah di depan cermin hingga payudara
menghadap ke bawah. Cermati serta rasakan apakah nyeri atau tidak, bisa juga dengan sembari meraba untuk memeriksa payudara
– Tautkan ke-2 tangan ke belakang kepala serta tekan
dada ke dalam, rasakan apa yang terjadi mungkin nyeri dan sebagainya
– Angkat tangan kanan ke belakang kepala, kemudian
dengan tangan kiri mulailah memeriksa payudara kananmu. Pakai telunjuk, jari tengah serta jari manis tangan kiri untuk mengecek payudara samping kanan. Raba serta tekan payudara kanan dengan pola melingkar, dari atas ke bawah, tengah ke samping hingga pada area ketiak. Rasakan apakah terasa nyeri sakit maupun ada benjolan yang aneh atau tdk wajar. Lakukan hal yang sama pada payudara yang ke-2.
2. Berbaring
– Pilih tempat tidur yang mempunyai permukaan datar dan nyaman
– Sembari berbaring, letakkan guling atau bandak di bawah pundak
– Letakkan tangan kanan dibawah kepala
– Lalu dengan tangan kiri anda dapat mulai memeriksa payudara samping kanan, sama caranya
dengan melakukannya sambil berdiri. Raba payudara memakai jari telunjuk, jari tengah serta jari manis untuk menekan payudara samping kanan
– Kerjakan hal yang sama pada payudara yang ke-2. Bila terjadi perubahan atau keanehan baiknya segera memeriksakan ke dokter ahli. Selamat mencoba ladies!

sumber : brilio. net
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment