DILUAR DUGAAN !!! AYO LIHAT BAHAYA MENGERIKAN AKIBAT KEBANYAKAN TIDUR ''((PLEASE LUANGKAN WAKTUMU SEJENAK UNTUK MEMBACA DAN MEMBAGIKAN ARTIKEL INI SEMOGA BERMANFA'AT)) !!

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur pada malam hari untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Waktu tidur kurang dari 7 atau 9 jam dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Bagaimana jika terlalu banyak tidur? Sejumlah penelitian pun menyatakan terlalu banyak tidur juga dapat meningkatkan masalah kesehatan.

Berikut, tujuh masalah kesehatan jika Anda terlalu banyak tidur seperti dikutip dari Huffingtonpost.

1. Depresi
Berdasarkan hasil studi tahun 2014, peneliti menemukan bahwa terlalu banyak tidur atau durasi tidur yang panjang dapat meningkatkan risiko seseorang menjadi depresi.

Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang tidur dalam kurun waktu 7-9 jam pada malam hari berisiko 27 persen mengalami depresi. Sementara mereka yang tidur 9 jam atau lebih, berisiko 49 persen mengalami depresi.

2. Merusak otak
Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa terlalu banyak tidur dapat merusak fungsi otak.
Peneliti menemukan bahwa wanita yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam atau kurang dari lima jam, otaknya akan mengalami penuaan dua tahun lebih cepat.

Sedangkan terhadap wanita lansia, tidur terlalu banyak tidur dapat memperburuk fungsi otak selama enam tahun.

3. Sulit untuk hamil
Bagi wanita, terlalu banyak tidur juga meningkatkan risiko sulit hamil. Pada tahun 2013, sebuah tim peneliti Korea menganalisa kebiasaan tidur sekitar 650 wanita yang mengikuti program bayi tabung.

Hasil penelitian menunjukkan, tingkat kehamilan tertinggi terjadi pada perempuan yang tidur malam selama 7-8 jam. Sedangkan tingkat kehamilan terendah terjadi pada wanita yang tidur 9-11 jam pada malam hari.

Ahli endokrinologi reproduksi dokter Evan Rosenbluth mengatakan, kebiasaan tidur yang buruk dapat mengubah ritme sikardian tubuh seseorang, sekresi hormon, hingga siklus menstruasi seorang wanita.



4. Diabetes
Para peneliti dari Quebec, Kanada, juga menemukan bahwa orang yang terlalu banyak tidur dua kali lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 dibanding mereka yang tidurnya cukup pada malam hari.

5. Obesitas
Beberapa orang yang sangat banyak tidur juga berisiko jadi obesitas.

Riset sepanjang enam th. yang dikerjakan Quebec mengungkap, peserta yang sangat banyak tidur lebih gemuk di banding peserta yang tidurnya cukup dalam semalam.
Hasil studi tunjukkan, mereka yang tidur malam sepanjang 9-10 jam, 25 % lebih berisiko jadi tambah berat tubuhnya sejumlah 5 kg.

6. Sakit jantung
Pada riset yang dipersentasikan dalam pertemuan American College of Cardiology th. 2012, tidur kian lebih 8 jam tiap-tiap malam juga tingkatkan resiko permasalahan pada jantung.

Hal semacam ini dibuktikan saat peneliti mengkaji seputar 3. 000 orang.
Akhirnya, mereka yang durasi tidurnya lebih panjang, 2 x lebih berisiko alami angina atau di kenal dengan penyakit angin duduk serta 1, 1 kali lebih berisiko menanggung derita penyakit jantung koroner.

7. Umur hidup lebih pendek
Beberapa riset juga mengaitkan kwalitas tidur yang jelek dengan umur hidup seorang.
Berdasar pada 16 riset yang dikerjakan pada 2010, beberapa orang yang tidur kian lebih 8 jam saat malam hari 1, 3 kali lebih berisiko mempunyai umur hidup lebih pendek atau kematian lebih awal.
Riset itu melibatkan 1. 382. 999 partisipan. (dechacare. com & tribunnews. com)

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment