((Bantu Share Artikel Ini Ya)) WAJIB BACA !! Pikiran Penuh & Kacau? Baca Info Khasiat Daun Jeruk Yang Tak Banyak Diketahui


Selain jeruk sambal/jeruk purut, daun jeruk juga mempunyai banyak manfaat. Sebagian nutrisi penting dalam daun jeruk purut yaitu zat tannin, kandungan steroid triterpenoid serta minyak atsiri. Manfaat daun jeruk purut untuk dunia medis memanglah dapat dibuktikan dapat mengatasi beberapa permasalahan kesehatan. Selain itu manfaat daun jeruk purut yang lain yaitu sering dipakai dalam dunia kuliner Indonesia juga sebagai penyedap makanan.

Berikut beberapa manfaat daun jeruk purut (jeruk sambal)

Penyedap makanan
Manfaat daun jeruk purut untuk penyedap masakan sudah tidak diragukan lagi. Kebanyakan orang khususnya masyarakat Indonesia yang tinggal di desa kerap memakai daun jeruk purut kedalam hidangan mereka, seperti dalam pembuatan menu makanan bersantan serta berlemak seperti pada rendang. Aroma khas yang muncul dari daun jeruk purut membuat masakan jadi lebi beraroma serta memiliki cita rasa kuat.

Mengatasi stress
Manfaat daun jeruk purut yang pertama yaitu untung mengatasi atau mengurangi stres. Daun jeruk purut tidak bisa dikonsumsi begitu saja, sekurang-kurangnya Anda mengolahnya terlebih dulu kedalam masakan atau kombinasi minuman. Kandungan zat tannin dalam daun jeruk purut dapat menghilangkan pikiran penat serta membuat Anda terlepas dari stress.

Untuk Relaksasi
Berkenaan dengan manfaat daun jeruk purut untuk mengatasi stress, daun jeruk purut mampu merelaksasi tubuh Anda. Hal semacam ini karena minyak atsiri yang terdapat dalam daun jeruk purut dapat membuat tubuh lebih rileks serta nyaman. Dengan membuat air rebusan daun jeruk purut untuk merendam kaki Anda, sekurang-kurangnya rasa lelah Anda selama seharian penuh dapat direlaksasi.

Bahan dasar parfum
Kandungan minyak atsiri dalam daun jeruk purut bermanfaat untuk jadi bahan dasar pembuatan parfume. Banyak minyak wangi yang di jual memakai daun jeruk purut. Aroma wangi yang berasal dari daun jeruk purut dapat jadi wawangian herbal yang tidak membuat iritasi pada kulit.

Juga sebagai antibiotik alami
Daun jeruk purut mempunyai kandungan antibiotik, ini kenapa daun jeruk purut sangatlah baik dikonsumsi untuk mereka yang mungkin saja mempunyai fisik lemah. Langkah pengkonsumsiannya dapat dengan membuat air rebusan maupun memberikan daun jeruk purut kedalam menu masakan.

Menambah stamina
Daun jeruk purut dapat mengembalikan stamina yang hilang. Jadi untuk Anda yang merasa kelelahan sesudah pulang kerja maupun beraktifitas, Anda dapat membuat rebusan daun jeruk purut untuk kemudian diminum ditambahkan sedikit madu pada minuman dau jeruk purut. Dengan hal tersebut zat yang ada pada jeruk purut dapat kembalikan stamina Anda, hingga Anda mempunyai stamina lebih untuk beraktifitas keesokan hari.

Nah ini tadi sebagian manfaat dari daun jeruk purut. Selain dipakai juga sebagai penyedap rasa (bumbu dapur) , berguna juga mencegah penyakit. Kandungan nutrisi dalam daun jeruk purut dapat membuat tubuh manusia untuk menghasilkan energi lebih serta berbentuk menghindarkan tubuh dari bakteri serta virus, lantaran daun jeruk purut mempunyai kandungan antibiotik. Tetapi perlu diingat bahwa pemakaian daun jeruk purut tidak bisa dikonsumsi terlalu berlebih.

Untuk memperoleh manfaat daun jeruk purut itu, biasanya kita sering mencampurkannya pada bumbu masakan, campuran bahan kue, penyedap sambal uleg, kombinasi rempeyek, digoreng/dioven untuk kombinasi kacang goreng juga sebagai cemilan, bahkan juga dapat pula dikonsumsi dengan campuran bermacam wedang, seperti wedang rempah/jahe.

Nah, selamat mencoba ya.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment